Advertisment

Wednesday, June 13, 2012

Festival Kartun Ramadan 2012

Etnokartunologi (Kamarkos-sby) Menjelang bulan puasa yang akan datang kurang sekitat satu bulan lagi, kalau kita lihat iklan di televisi ada yang mencuri start. Kalau kita mengikuti kurang lebih 2 tahun ini, iklan salah satu sirup terkenal yang di klaim sebagai minuman para bangsawan biasa membuat iklan yang berhubungan dengan puasa. Istimewanya iklan ini ditayangkan jauh hari sebelum bulan puasa dan dibuat bersambung sampai hari lebaran tiba. Ramadhan adalah bulan mulia saat ketika setan di ikat dan diawasi ketat gerak geriknya supaya tidak macam-macam menggoda manusia,  begitu juga dengan para kartunis, waktu untuk instrospeksi dan jaga hati. BSF (Budi Santoso Foundation) bersama Semarang Cartoon Club (SECAC) mempersembahkan Festival Kartun Ramadan 2012 
Poster mengambil dari Facebook Mas Abdullah Ibnu T
"FESTIVAL KARTUN RAMADAN 2012; TOLERANSI & PERDAMAIAN. Mengundang insan-insan kreatif bangsa, untuk bersama mengumandangkan toleransi dan perdamaian sembari tersenyum" Sambutan sekaligus ajakan untuk turut meramaikan acara yang akan diadakan 20 Juli - 26 Agustus 2012 di Plaza Masjid Agung Jawa Tengah. Acara ini turut menyertakan lomba kartun tingkat nasional dengan tema-tema keagamaan tentunya terutama Toleransi dan Perdamaian. Selain lomba kartun ada pula acara Roadshow kartun di Pesantren, Workshop kartun dan animasi serta yang menarik adalah Karikatur on the Spot. 
Apresiasi yang khusus saya berikan untuk acara Ngartun di Pesantren. Biasanya pesantren identik dengan pengajian, kitab kuning dan kaligrafi bahkan ada beberapa pesantren yang melarang untuk menggambar sesuatu yang bernyawa dan bermuka termasuk membuat kartun dan seni ilustrasi lainnuya. Ini pernah saya alami sendiri saat SMA dan di situ ada beberapa teman yang menegur saya untuk menghentikan kegiatan menggambar manusia karena dilarang agama, resikonya nanti jika di akhirat mereka akan meminta nyawa pada kita. Demikian juga saat masih kuliah, ketika pameran tunggal kartun di kampus ada testimoni yang menuliskan bahwa gambar kartun = neraka disertai dengan nama dan NIM penulisnya (Nomor Induk Mahasiswa-red). Usut punya usut, yang nulis adalah teman kuliah yang saya kenal sebagai santri yang sering mengaji. Hingga terjadi perdebatan yang sengit kalau saya dilarang menggambar kalau ada pesanan gambar wajah dan bisa membantu pemasukan anak kos apakah tidak boleh diambil? setelah sama-sama ngotot dengan argumen dan prinsip masing-masing maka saya memutuskan untuk membuat statemen (agar perdebatan segera berakhir) "Berarti mulai besok aku tak menggambar tumbuhan atau sulur-suluran yang tapi tak beri wajah dan ekspresi !" setelah itu teman saya langsung diam dan pergi :)
Khusus lomba Kartun Nasional yang menjadi juri adalah Pak Dhe Koesnan Hoesni, Om Jitet Koestana (dua kartunis senior kaya prestasi asli produk Indonesia yang ber-SNI :), ada pula juri dari media Amir Machmud sebagai pimred Suaramerdeka dan satu lagi juri dari BSF, Anto Prabowo. Keterlibatan kartunis senior dan pihak media dalam setiap lomba kartun atau karikatur dapat membuat penilaian lebih obyektif dan menghasilkan pemenang yang super. 
Syarat dan ketentuan dalam lomba kartun nasional ini yang berlaku yaitu 
1. Gratis untuk semua kalangan 
2. Teknik bebas dan dikumpulkan dalam kertas format A3
3. Karya asli milik sendiri dan buatan sendiri
4. Setiap peserta dapat mengumpulkan sampai 3 karya dengan mencantumkan identitas di baliknya
5. Deadline 17 Juli 2012 pukul 17:00 WIB
6. Pengiriman karya ditujukan ke Panitia "Festival Kartun Ramadan" Jl. Merak 11A Semarang 50129.
Selamat berkarya, kalau menang dapat duit dan tropi kalau masuk 100 terbaik bakal di pamerkan di Plaza Masjid Agung dan keliling pesantren. Salam Ngartun ! Wassalam

No comments:

Post a Comment