Advertisment

Thursday, April 19, 2012

TIps Merawat Koleksi Buku dan Komik

Korban Kekejaman RAYAP 
Etnokartunologi (Sby-Kamar Kos). Tanggal 12 April 2012 saya kena April Mob, buku-buku kesayangan hancur dimakan rayap. Kaget bukan kepalang, mood untuk ngartun langsung sirna dipadu dengan shock dan nyaris pingsan sambil menahan airmata saat melihat buku dimakan oleh serangga sialan yang bernama rayap. Buku yang paling hancur adalah Novel karya Ken Follet dan buku Komik Indonesia karya Marcel Bonneff. Buku yang agak hancur adalah dua edisi Majalah kartun BOG-BOG Bali Cartoon Magazine. Buku yang nyaris hancur adalah buku penelitian dari Huub de Jonge tentang MADURA (dalam empat zaman: Pedagang, Pekembangan Ekonomi dan Islam: Suatu studi antropologi Ekonomi). Miris memang melihat buku yang menjadi harta karun dicabik-cabik oleh RAYAP (Helanithermis sp.). 
Siapakah sebenarnya tersangka vandal buku-buku koleksiku? dialah Rayap salah satu serangga yang bisa menghancurkan sebuah rumah yang terbuat dari kayu atau ada bahan kayu di dalamnya. Serangga ini disebut hama dan beraninya main keroyokan, karena mereka bukan makhluk soliter. Rayap masuk dalam Ordo Isoptera. Secara etimologi, Isoptera berasal dari bahasa Latin iso = sama, pteron = sayap yang berarti Insekta bersayap sama. Cara hidupnya membentuk koloni dengan sistem pembagian tugas tertentu yang disebut polimorfisme. Pembagian tugas itu adalah raja, ratu dan prajurit atau tentara.Ini gambar keluarga rayap:
Pelaku Utama dan Jaringan kejahatannya. Coutesy of e-duku.net

Jelas rayap bisa merusak karena mempunyai tipe mulut menggigit (kalau cuma ngemut atau mengulum masih mending).Sasaran empuknya adalah kayu, kertas dan bahan-bahan mengalami kandungan yang bisa menyimpan air dan rawan mengalami pelapukan. Kecuali kaca, mulut rayap tidak akan sanggup menggigit bahan yang biasa digunakan untuk tatakan pemotong kertas ini. Supaya tidak mengalami musibah seperti saya kemarin, berikut adalah tips untuk menyimpan buku, majalah dan komik secara baik dan benar:

1. Penempatan buku dalam tempat yang sesuai dengan memperhatikan kelembaban dan keamanan.
2. Pada saat membaca, hindari kebiasaan melipat halaman karena membuat halaman buku menjadi rawan rusak dan tidak enak untuk dilihat. Gunakan pembatas buku, bisa dengan pita atau cukup kertas sisa yang berwarna-warni.
3.Jaga keselamatan jilidan buku dengan tidak memberikan tekanan yang berlebihan pada saat membaca.
4. Jika anda mempunyai kebiasaan membaca sebelum tidur, usahakan menempatkan buku pada tempat yang aman sebelum mengakhiri membaca dan berangkat tidur. Ketiduran saat membaca dapat membuat buku rusak karena tertindih oleh tubuh kita.
5. Ada baiknya membaca dengan keadaan bersih termasuk dari makanan dan minuman. Jika terpaksa ngemil hindari sesuatu yeng berminyak.
6. Susun buku di tempat yang mudah ditemukan dan pastikan tertata rapi. Jangan lupa diberi kamper atau kapur barus pada setiap ujung dan dipadu dengan tembakau agar rayap tidak bertempat di situ dan dapat mengancam keberadaan buku.
7. Sering membersihkan rak dan bagian luar buku dengan kuas atau lap yang bersih. Kewaspadaan yang tinggi dapat mencegah dari bahaya rayap. 

Referensi: e-duku.net dan Majalah INTISARI edisi Maret 2001


No comments:

Post a Comment