Advertisment

Friday, April 6, 2012

Karikatur Digital (Tips Ngartun)

Perkembangan ilmu pengetahun dan teknologi yang kian canggih mengarah pada berbagai aspek kehidupan. Termasuk dalam ngartun, banyak kartunis yang menyajikan kartun secara digital dan gabungan (manual dan digital). Bagi kartunis yang menunjung tinggi tangan sebagai ciptaan Tuhan, penggunaan teknik manual adalah utama dalam berkarya. Keuntungan berkarya manual adalah bisa menonjolkan ciri khas dari sentuhan dingin tangan kartunisnya. Era digital telah datang dan melanda kalangan kartunis baik kartunis editorial maupun kartunis yang fokus pada karikatur. 
Sebastian Kruger adalah kartunis yang memiliki totalitas dalam berkarikatur bahkan orang kerap bingung antara melukis dengan ngartun. Alat yang bisa digunakan dalam karikatur digital sudah tentu komputer atau laptop yang mendukung program desain grafis yang mumpuni.. Seperti Corel atau Photosop (Sotosop) adalah program yang biasa dipakai oleh para kartunis. Untuk masalah teknik, selain bisa ikut kursus dan melalui buku, kita bisa belajar dengan memanfaatkan tutorial gratis di internet. 
Berikut adalah satu contoh gambar karikatur digital yang dibuat spesial dengan tingkat teknik dan detail yang maksimal. 
Ada lima langkah dalam pembuatan gambar di atas, dimulai dengan tahap sketsa dan menata anatomi serta rangkaian detail. Tidak lupa pada tahap ini, masalah eksagerasi juga diperhatikan karena faktor ini yang membuat karikatur menjadi lebih menggigit. Tahap kedua sampai ke tiga pewarnaan dengan menekankan warna dominan dan sedikit background. Tahap keempat dan lima, pewarnaan secara mendetail yang pada Sotosop pewarnaan bisa menggunakan tool jenis kuas. Pewarnaan jenis ini, kita tidak perlu lagi bergelut dengan cat air atau car poster yang kadang membuat kita kotor dan ribet. 
Hasil Akhir

Teknik digital, tidak bisa terwujud dengan bagus tanpa didukung pengetahuan dan kemampuan dalam teknik manual yang mendukung. Ciri khas gambar kita akan lebih jelas jika sanggup memadukan teknik manual dan digital. Intinya manual dipakai agar gambar punya jiwa (nilai kekhasan) dan digital dipergunakan untuk memperindah dengan efisiensi yang tinggi, teknik digital membuat kita menggambar selesai dalam tempo sesingkat-singkatnya. Keep on Ngartun !
Sumber Gambar: irancartoon.com

No comments:

Post a Comment