Advertisment

Friday, January 20, 2012

Ngartun dan Cinta (Ngartun part 19)

Me and My Love
Ngartun dan Cinta, postingan menjelang hari afeksi se-dunia. Hari Valentine yang biasa dirayakan oleh orang-orang dengan serba pink, bunga mawar, coklat sampai makan malam romantis. Cinta adalah perasaan yang rumit dan sangat dibutuhkan oleh semua makhluk ciptaan Tuhan. Tumbuha juga butuh cinta, hewan peliharaan dan alam semesta juga butuh cinta. Cinta pada semuanya berarti cinta juga pada Sang Pencipta. Cinta itu sesuatu yang tidak dapat kita analisis secara logika karena bermuara dari perasaan yang didasari gairah dan ketertarikan pada sesuatu yang menurut kita indah.


Pada dasarnya manusia memiliki nilai keindahan yang dikenal dengan Esthetic Value. Keindahan bisa berupa warna favorit sampai pada kriteria untuk lawan jenis yang cantik atau ganteng. Ketika liburan kantor saya mendapat beberapa order ngartun dalam bentuk karikatur yang kebanyakan bertema cinta. Cinta adalah suatu bentuk pengungkapan sesuatu yang mengganjal di hati, maka tidak salah jika ada yang bilang cinta seperti kentut. Kalau tidak dikeluarkan bisa mengganjal di perut, namun jika dikeluarkan membuat kita lega bukan kepalang. Meskipun berakibat pada orang lain yang merasa terganggu karena tindakan kita. Demikian juga cinta, terdapat dua sisi perasaan yang bersifat binary antara suka-duka, benci-rindu sampai pada ikhlas dan tidak ikhlas.

Cinta memberikan sejumlah keuntungan bagi kesehatan tubuh kita, termasuk dapat meningkatkan kesehatan mental bagi para wanita maupun pria yang sedang menjalin hubungan asmara. Di New Zealand, sebuah tim dari University of Otago melakukan penelitian pada 1000 orang. Mereka menemukan bahwa orang-orang yang telah menjalin hubungan asmara selama lebih dari lima tahun, akan lebih kecil kemungkinan mengalami depresi maupun melakukan bunuh diri dibandingkan mereka yang jomblo.  Penelitian lain memberikan hasil bahwa orang-orang yang menikah, memiliki level yang lebih rendah untuk mengalami depresi dan stress dibandingkan mereka yang jomblo.
Perayaan Satu Bulan Jadian
Ekspresi cinta melalui karikatur dituangkan dengan berbagai macam ide, seperti gambar berikut yang merayakan hari jadian yang ke satu bulan, masa satu bulan adalah masa ketika gairah sedang mencapai puncak, sama seperti kita makan penyetan atau lalapan saat lauk dan ikan bercampur dengan nasi dan sambal. Terasa perpaduan yang enak. 
Gambar berikutnya adalah sepasang kekasih yang minta digambar dengan berlatar belakang taman bermain lengkap beserta bianglala (baca: dremulun). Bianglala yang diinginkan mempunyai setting sungai yang dapat menambah kesan romantis. Bianglala identik dengan segi romantis yang menawarkan perputaran dalam tempat yang  relatif  privat. Seumur hidup baru sekali saya naik bianglala pada saat rekreasi di Taman Remaja Surabaya. Kesan pertama saat naik bianglala adalah dapat melihat berbagai warna-warni lampu kota dan merasakan angin segar pada ketinggian yang kadang ke bawah dan kadang ke puncak. Bianglala adalah simbol kehidupan yang selalu berputar, orang bisa saja hari ini kaya raya tapi besok bisa jadi miskin.

Bianglala identik dengan tempat hiburan atau rekreasi yang bersifat menyenangkan dan bisa menenangkan. Cinta dan bianglala dalam gambar pesanan dalam rangka perayaan satu tahun adalah tema kreatif yang dipilih oleh pemesan, mempunyai selera tempat berdua yang romantis.
Perayaan Jadian Satu Tahun 

Kalau gambar yang terakhir berikut saya kasih judul, obsesi tingkat dewa, kasih tak sampai yang disampai-sampaiin. Pertama kali saya menerima order yang lucu, bahkan ketika menggambarpun tidak berhenti ketawa. Gambar ini pesanan dari seorang cewek yang mempunyai tambatan hati seorang pria ganteng, konon yang cewek cinta banget sama cowok tersebut meskipun yang cowok masih dipertanyakan status dan akreditasi perasaannya. Maksud pemesanan gambar tersebut adalah untuk kado ulang tahun si cowok. Setelah mendapat breafing saya mulai menggambar, eh bukannya proses tangan menggoreskan pensil yang jalan malah saya cekikikan sendiri. Gambar ini mengalami beberapa perubahan, pertama saya buat yang cowok berada di kiri menghadap ke kiri pula sementara yang cewek berada di sebelah kanan dan menghadap ke kiri. Gambar ini saya batalkan karena terkesan yang cewek getol sekali mengejar si cowok. Artinya dalam bahasa semiotika kode aksi (action code) terlalu jelas di sana. Akhirnya gambar saya rombak lagi dengan posisi cewek berada di kiri, sedang berada di meja untuk merayakan ultah si cowok. Supaya kesan bahwa suasana obsesi tingkat tingginya ada saya buat bahasa tubuh (gesture) yang menyiratkan bahwa si cewek cinta berat sementara yang cowok masih dipertanyakan. Cinta memang butuh pengorbanan, panas-hujan tidak peduli kalau sudah cinta. Gunung kan didaki, lautan kan diseberangi, mengutip lagu H Ona Sutra.  
Obsesi Tingkat Tinggi (The Funniest Orders)
Cinta juga butuh pengharapan, karena untuk sinkronisasi perasaan kadang membutuhkan waktu untuk berpikir sejenak. Pengharapan adalah kekuatan terbesar dalam menuju suatu kepentingan apapun. Orang Jawa menyebutnya ojo grusa grusu yang mencerminkan keharmonisan dalam kebudayaan Jawa.Semoga keinginan dari The Funniest Orders di atas bisa terwujud. Selamat Tahun Baru Imlek 2012, semakin cinta dengan sesama. Everyday is Valentine. Salam Ngartun.

No comments:

Post a Comment