Advertisment

Tuesday, November 8, 2011

Angry Birds (Burung Ngartun yang Sedang Marah)

Dulu waktu jaman masih SD di kampung saya suka sekali berjalan jauh dari perkampungan untuk menuju ke sawah jika liburan. Tujuannya adalah untuk mencari burung anakan yang sedang berada sendiri di dalam sarang. Burung imut itu kemudian saya culik disaat orang tuanya sedang pergi mencari makan. Biasanya burung yang paling banyak saat itu adalah Burung Cendhet, Burung Srigunting, Burung Kutilang, Burung Peking, Burung Perkukut sampai Pelatuk. Burung yang paling pemarah dan pemberani jika sarangnya diusik adalah burung Srigunting atau jekintut. Berbulu hitam dengan ekor yang seperti gunting dan yang unik sarangnya sangat kecil namum mempunyai detail anyaman yang bagus. Lebih besar dari sarang burung Sikatan yang berbentuk seperti kubah mini yang cukup buat pantat Ibu Burung Betina. Burung Srigunting jika diusik sarangnya mereka tidak segan-segan mendekati sang penculik dan mengoceh tiada henti sambil sekali-kali terbang modar-mandir di sekitar kepala.
di mana telurku?

Burung adalah makhluk unik dalam berkeluarga, Betina Jantan bertemu pada kicauan pertama kemudian jatuh cinta, kawin dan membangun sarang setelah itu bertelur dan menjaga anak-anaknya sampai bisa terbang dan dilepas di alam bebas. Namun apa jadinya jika telur kesayangan yang menjadi generasi penerus dicuri oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.Tentu kalau kita sendiri pasti marah-marah, apalagi yang mencuri adalah segerombolan babi dari kerajaan sebelah. Salah satu pengembang game asal Finlandia mengemas kisah pencurian telur yang menimbulkan permusuhan antara burung dengan babi. Rovio Entertainment Ltd. membuat game tentang burung yang sedang galau, penuh amarah karena telurnya dicuri oleh babi ijo yang membutuhkan protein tinggi agar bisa dijadikan sumber tenaga jika disuruh ngepet. Game Angry Birds menjadi game yang fenomenal karena sukses merambah dunia maya sampai console gadget terbaru, dari online, PC sampai android. Game ini menyenangkan untuk dimainkan karena bersifat serius tapi santai. Cocok buat siapa saja yang ingin melepes jenuh setelah seharian beraktivitas.
Kesan pertama memainkan game ini adalah seru dan penuh perhitungan yang cermat. Sentuhan grafis 2D yang halus membuat game ini saya masukkan ke dalam jajaran game ngartun selain Chiken Invander dan Plant vs Zombie. Semua makhluk dalam game ini baik burung maupun babi semuanya berbentuk bulat dan tidak ada kaki. Sempat saya bertanya dalam hati kira-kira dimana kaki makhluk-makhluk ini?. Ketapel yang dipakai mengingatkan pada masa kecil dikampung yang pernah mendapat kursus ketapel kilat dari Cak Manan di tambak Wak Wono. Pelatihan kilat cara menggunakan ketapel yang baik dan tepat sasaran, dibutuhkan kombinasi antara ketenangan dan kekuatan dalam meregangkan karet pentil rangkap. Game ini menggunakan ketapel besar yang digunakan untuk pijakan burung agar bisa terbang lebih kuat dalam menghancurkan sasaran babi yang dilindungi berbagai halangan.
Halangan dalam mencapai tubuh babi meliputi berbagai bahan mulai yang paling cepat hancur sampai yang sulit untuk dihancurkan. Bahan terdiri dari kaca, kayu sampai batu. Kaca sangat mudah hancur, kayu masuk bahan medium dan baru adalah bahan yang paling susah untuk dihancurkan. Jika jika tahu celah untuk bisa membuat efek domino melalui penggabungan berbagai elemen tersebut, maka nilai sempurna berupa bintang tiga dapat diperoleh dengan sekali lontar.
Jika telah melewati sesi yang lebih tinggi biasanya ada bahan penghancur bantuan dari komputer yang berupa sekotak TNT, batu besar bulat yang bisa menggelinding dan menghancurkan apa saja yang dilewatinya. Ada pula bahan penghancur bantuan yang menyerupai bola besi berantai yang sekali tabrak rantai bisa putus sehingga bola besinya jatuh ke bawah. Game ini membutuhkan perhitungan yang matang, maka tidak heran jika menjadi salah satu media pembelajaran alternatif bidang Fisika. di Jepang, game ini menjadi media pembelajaran fisika yang menyenangkan bagi anak-anak sekolah. Kalau di Indonesia masih jarang atau mungki tidak ada guru yang menjadikan game sebagai sarana pembelajaran. Kalau kita mau mendalami sebuah game import dapat melatih kita untuk lebih bisa berbahasa Inggris, terutama game RPG yang sampai memakan waktu 40 jam untuk bisa tamat.
Burung-burung dalam Angry Birds berasal dari berbagai spesies yang mempunyai berbagai warna dan keunikan tersendiri. Karakter dalam game ini jika dikaji dalam format kartun maka lebih mengarah pada Quirky Cartoon yang cenderung bulat, imut dan simpel. Jenis burung yang sedang marah dalam game ini antara lain Si Burung merah (dapat kita jumpai pada awal-awal permainan, kekuatan menghancurkan kecil), Burung kuning (Burung yang mulai galak, jika kita klik kiri pada saat terbang maka kecepatan terbang akan bertambah sehingga bisa mencapai sasaran secara lebih keras, burung ini saya namai burung peluncur), Burung biru imut (Burung yang bisa mengkloning tubuhnya menjadi tiga jika kita klik saat terbang, burung ini kecil namun jika kita arahkan pada obyek yang mempunyai efek domino sudah bisa menghacurkan karena satu lontaran jatuhnya jadi tiga ekor), Burung Hitam (Burung yang paling kasihan namun mematikan, bisa menimbulkan efek ledakan yang dashyat, sebelum meledakkan diri burung ini menggelembung sampai memerah), Burung Putih (Burung ini bisa mengeluarkan telur yang bisa menghancurkan obyek yang ada di bawahnya, hanya saja jika telur sudah melundru maka burung akan terlontar ke atas) dan Burung Hijau.

Mengingat animo yang besar dari pecinta game atau gadget, maka Rivio Enternainment Ltd. meluncurkan berbagai versi game ini yang semuanya asyik untuk dimainkan. Versi awal dan yang paing lama adalah Angry Birds, yang menjadi setting awal pemusuhan abadi antara burung yang kehilangan telur dengan babi pencuri telur. Versi ini dapat dijadikan sebagai media belajar dasar-dasar game Angry Birds, mulai karakter burung, babi sampai lingkungan obyek yang paling empuk untuk dihancurkan.
Angry Birds Seasons 

Angry Birds Seasons dirilis pada 21 Oktober 2010 dengan episode spesial hari Halloween yang berjudul Trick or Treat. Setelah episode tersebut, episode spesial hari Natal dirilis dengan judul Season's Greedings. Kemudian, episode spesial untuk menyambut hari Valentine berjudul Hogs and Kisses dirilis, selanjutnya spesial hari Santo Patrick berjudul Go Green, Get Lucky, spesial hari Paskah bejudul Easter Eggs, dan spesial liburan, Summer Pignic.


Angry Birds Rio 
Versi ini diluncurkan pada Maret 2011 bersamaan dengan film Rio yang diluncurkan 20 th Century Fox. Versi ini adalah perpaduan antara Angry Birds dengan film Rio. Burung-burung pemarah bertemu dengan tokoh utama film Rio yaitu Blu dan Jewel (dua sejoli burung kakaktua langkah biru asli Brasil). Musuh dalam versi ini bukan lagi babi dari kerajaan sebelah, namun kita harus membebaskan teman-teman burung yang terkurung, setelah itu berhadapan dengan monyet nakal dan jahil. Musuh utama dalam versi ini adalah tokoh antagonis dalam film Rio, Nigel. Lokasi game ini berada di tempat penampungan burung yang akan diperdagangkan dan hampir sebagian besar lokasinya sama dengan setting film yaitu Rio de Jainero, Brasil.    
Referensi gambar: Mbah Google.co.id 

No comments:

Post a Comment