Advertisment

Sunday, August 14, 2011

Behavior Unusual Shaun The Sheep and Friends

Membahas tentang film kartun dengan Teknik Anilempung yaitu Shaun the Sheep tidak ada habisnya dikaji dari berbagai perspektif mulai teknik sampai ilmiah selalu menarik. Hal ini menunjukkan bahwa kartun ini tidak bisa dipandang sebelah mata, pemilihan cerita yang bagus, karakter yang dalam dan perilaku-perilaku yang tidak umum namun lucu tersaji dalam setiap ceritanya.
Kali ini saya akan membahas berbagai tingkah laku dari kawanan domba yang tidak bakal kita jumpai di peternakan domba manapun.
1. Olahraga
Sejak scene pertama dalam pembukaan Shaun The Sheep kita akan melihat aktivitas senam pagi di dalam kandang domba. Aktivitas yang biasa dilakukan oleh bomba bisa hanya keluar masuk kandang dan makan rumput serta kawin jika tiba pada saat musim dan umurnya.
Kalau kita melihat episode "Shape Up with Shaun" maka olah raga menjadi fokus cerita karena menggambarkan perjuangan untuk menguruskan domba yang terlanjur mempunyai pola makan tak terkendali sehingga badannya menjadi jumbo.

2.Bermain music
Kesukaan para domba adalah mendengarkan musik, bergoyang bahkan memainkan musik. Kalau anda pernah melihat single pembuka Shaun The Sheep yang versi karaoke di sana ada si imut domba Timmy tengah bermain drum dengan simbal kepala dari domba-domba yang lain. Seandainya para domba mau berlatih vokal mungkin sudah terbentuk grup acapela atau nasyid.

3.Foto-foto
Dalam episode "Shaun Shoots the Sheep" merupakan episode paling narsis selama saya mengikuti Shaun The Sheep. Disana ada dua pelancong yang sedang jalan-jalan di sekitar peternakan kemudian kameranya terjatuh, setelah itu kamera menjadi mainan dan hiburan yang baru bagi kawanan domba. Berbagai pose dicoba sampai mendapat sudut pandang yang tepat, demikian juga tetangga babi yang jahat.




4.Nonton bioskop
Selain bermain sirkus dan bola, kesenangan kawanan domba adalah menonton tayangan yang biasa di lihat manusia, mulai dari televisi sampai pada layar tancap dengan proyektor yang biasanya dinikmati di dalam kandang. Dalam episode "Little Sheep of Horors" nampak ada kesenangan tersendiri sebagian domba terhadap film horor yang merembet pada peristiwa yang menyebabkan jantung domba menjadi berdebar lebih kencang kecuali Si Imut domba Timmy yang malah tertidur saat melihat film horor.

5. Bermain Sulap
Dalam Episode "Abacadabra" para domba bermain sulap dan sangat menikmati, sampai dua tokoh berkuasa di peternakan yaitu Manusia dan Anjing penjaga tidak luput dari mantra abacadabra tongkat wasiat.

6.Bermain dan bergembira melewati hari
Dulu saat masih SD saya pernah 'magang' menggembala kambing bersama Almarhum Wak Man, dari pagi sampai sore para domba hanya memakan rumput, bermain dengan sesama domba dalam pengawasan penuh domba yang lebih senior. Setelah melihat Shaun The Sheep ternyata domba bisa bermain dengan sangat riang dan kreatif.

7.Laundry
Dalam episode "Washday" domba juga cinta kebersihan dan menerapkan dasar-dasar mencuci pakaian layaknya manusia, mulai dari merendam, memberi deterjen sampai pada proses setrika.

8.Mandi Bersama dengan peralatan lengkap
Episode "Bathtime" menggambarkan sesuatu yang sangat kontradiktif dengan kenyataan yang ada, biasanya domba dan kambing paling takut dengan air. Di peternakan Shaun The Sheep para domba mempunyai hari mandi khusus dengan air kombinasi antara panas dan dingin.

9.Modifikasi alat sampai mobil
Episode "De neve traktor" episode yang paling menyentuh karena di sana ada kerja keras dan tekad para kawanan domba untuk mempersembahkan sesuatu yang menjadi impian dari pemilik peternakan yaitu sebuah unit traktor dengan modifikasi yang menawan. Urusan keterampilan dan teknik dalam Shaun The Sheep kita bisa melihat mereka bisa membuat modikasi robot anjing, menyadap jaringan telepon sampai memperbaiki pesawat alien.

10. Melukis
Episode "Still Life" merupakan episode yang wajib dilihat oleh orang yang tertarik dengan seni rupa, selain manusia hobi melukis ternyata tidak sedikit domba yang bisa melukis dengan baik. Berbagai aliran lukis dari pelukis besar dunia ditampilkan di sini mulai dari Impresionis, Ekspresionis, Lukisan monalisa dengan figur domba, Kubisme Pablo Picasso sampai pada abstrak. Aliran terakhir ini membuat pemilik peternakan gusar namun berubah menjadi kegembiraan saat kedatangan kolektor yang membeli dan membayar kontan lukisan hasil karya para domba.

Shaun The Sheep adalah Kartun yang layak untuk dinikmati, tapi jangan hanya tertawa melihat tingkah laku tokoh-tokohnya, ada baiknya kita penasaran bagaimana kartun ini dibuat. Postingan Shaun The Sheep Behind The Scene sudah saya lakukan di postingan terdahulu. Kalau yang penasaran dengan proses pembuatan silahkan lihat di sini
http://www.youtube.com/watch?v=cfyc0QEEN74&feature=player_embedded
...Salam Mbiiiik !!

No comments:

Post a Comment