Advertisment

Sunday, May 1, 2011

Ngartun Yuk (part 6) ..Semangat dan Prestasi dengan kartun


Terima kasih sebelumnya kepada saudara Donny Mbois yang telah membuka arsip foto-foto lama, kemudian menemukan foto di atas. Foto di atas, diambil sesaat setelah penerimaan hadiah pada malam sastra Chairil Anwar di FIB Unair sekitar tahun 2006. Karikatur yang saya kirim berupa gambar Chairil Anwar yang sedang melamun sambil naik sampan di pulau sekitar pulau yang telah diambil Malaysia yaitu Sipadan Ligitan. Tidak disangka dari gambar ini kemudian saya dapat sms cantik dari panitia lomba bahwa saya dapat juara.
Juara kata ini mudah untuk diucapkan namun susah untuk dicapai. Juara bukan sekadar mendapat tropi, duit maupun seekor sapi kalau kejuaraan di Pulau Garam Madura hehehe. Juara adalah perwujudan dari kerja keras dan awal dari kerja keras yang lebih dikemudian hari.
Ngartun bisa menjadikan kita juara dan semakin semangat dalam berkarya. di atas langit masih ada langit, dapat kita jadikan haluan dalam berkarya bahwa karya yang kita banggakan masih ada karya orang lain yang lebih membanggakan.
Berikut adalah dorongan untuk kita menjadi juara dalam ngartun.
1. Terus berlatih dan berkarya
2. Menemukan gaya dan ciri karya
3. Buat eksperimen-eksperimen dalam ngartun mulai dari pemilihan tema sampai teknik.
4. Belajar dari perjalanan hidup kartunis-kartunis sukses
5. Mencari info tentang lomba kartun atau karikatur
6. Mengikuti lomba dengan totalitas
7. Mematuhi deadline
8. Pengemasan dan pengiriman karya yang baik dan benar
9. Mencoba go internasional melalui wwww.irancartoon.com
10. Kalau bukan berarti berhenti berkarya.

No comments:

Post a Comment