Advertisment

Monday, May 23, 2011

Ngartun dan Gowes (Ngartun Part 7)


Salam olahraga !! salah satu cara membuat badan kita sehat adalah dengan bersepeda. Istilah Gowes sekarang lagi berkembang di mana-mana, khususnya kota-kota besar (Jakarta, Bandung, Jogja dan Surabaya). Sepeda yang sedang diminati sekarang adalah sepeda Fixie, perpaduan antara sepeda balap dengan warna-warna yang lebih menekankan stile dan trend berjiwa anak muda.
Gowes dapat membuat otak kita lancar meskipun badan capek dan kepala penuh peluh. Gowes berkeliling kota membut kita bisa cuci mata. Semakin banyak keluyuran ide dan inspirasi bisa datang secara tiba-tiba dan lebih beragam.
Tahun 2003-2007 adalah periode saya bergowes ria di Surabaya, saat itu saya masih kuliah. Awal kuliah masa itu saya tidak kos namun menumpang di rumah saudara Ibu. Dari Petemon saya naik angkot (Lyn E)menuju kampus Fisip Unair.Lama-lama naik angkot berat di ongkos, akhirnya saya memutuskan untuk mereparasi sepeda gunung yang pernah menemani saya mulai SD sampai SMP. Sepeda saya naikin kereta api dan setelah itu saya naik sepeda pancal dari rumah bude menuju kampus.
Sejak ospek saya bingung untuk menaruh sepeda saya di kampus, tidak ada tempat parkir onthel. Semangat percaya diri dan niat sekolah, akhirnya saya memutuskan untuk menaruh sepeda di bawah pohon sono di parkiran.
Gowes selama bertahun-tahun ternyata bisa menumbuhkan jiwa kreatifitas. Setiap kaki mengayuh dan melewati gang-gang yang sempit otak selalu berpikir dan mencari sesuatu yang menarik. Orang tabrakan, becak standing, got buntu, obrakan PKL oleh satpot PP, Banci pinggir jalan, angkot ugal-ugalan, hujan yang membuat ban mobil menjadi shower dan lain-lain. Semua hal di atas adalah hal-hal menarik yang saya jadikan sumber inspirasi dalam ngartun.
Contoh kartun yang saya buat dan mendapat inspirasi dari gowes adalah adegan balap sepeda yang kemudian tiba waktu berbuka puasa, ternyata semua tidak menuju finish yang telah membentang namun menuju depot untuk berbuka puasa.

2 comments:

  1. Jangan lupa mampir ke giras bro abis gowes.... whehehehehe..

    ReplyDelete
  2. @Berita Baru Indonesia: Masuk itu..sepakat, habis gowes minum teh anget dan gorengan yang serba anget. keep on health with bike cycle.

    ReplyDelete