Advertisment

Friday, October 23, 2015

Kolam Renang UNY Wates: Kutinggalkan Secuil Gigi Kenangan

Kolam renang UNY Wates, biasanya orang menyebutnya. Bagi warga Kulon Progo Kolam renang standar lomba ini menjadi salah satu ikon baru untuk olahraga sekaligus wisata air keluarga. Sebenarnya ada beragam kolam renang di Kulon Progo, tapi saya merekomendasikan kolam ini karena pertimbangan tertentu. Alasannya: Letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Wates. Dari stasiun Wates cukup berjalan ke utara melewati toko HW selepas lampu merah, kurang lebih 300 meter. Biaya cukup terjangkau, Rp 7000 sekali masuk, mendapat karcis yang nanti dilubangi penjaga pintu, serasa naik Logawa kalau masuk kolam renang ini. Soal keamanan, terjamin. Karena ada petugas piket yang selalu memantau situasi dan kondisi. SOP jelas. Ada peraturan untuk dapat berenang di kolam utama, kita harus menggunakan seragam renang. Kalau tidak ada, bisa memanfaatkan jasa penyewaan celana renang. Ingat celana renang bukan celana yang lain. 

Pemanasan di suatu minggu yang panas
Bagi yang tidak ingin ribet dengan SOP yang ada. Bisa memakai kolam di sisi utara yang bercampur dengan kolam anak-anak. Ada mainan di sana, seperti papan luncur. Cocok untuk orang tua yang mengantarkan anaknya untuk berenang atau pengenalan pada dunia kolam renang sejak dini. Pengalaman yang tak akan terlupakan dari kolam ini adalah saat mengalami kecelakaan olahraga (biasanya ada istilah kecelakaan kerja, saya membuat istilah sendiri: kecelakaan olahraga-red): meluncur dari papan lintasan no.1 sampai gigi menjadi gumpil. Tapi bersyukur karena Tuhan selalu bersama para gumpilers

Dari tepi selatan
Jika anda ingin berenang dengan tenang, dianjurkan berenang pada pagi hari jam 06:00 dan hari kerja. Atau pada sore hari pada hari kerja juga. Kalau renang pada akhir pekan, kolam ini ramai dan sering terjadi tabrakan antara perenang yang berbeda lintasan. Jika anda berenang dalam suasana kolam yang sepi, anda dapat menenangkan diri sepenuhnya. Dari pemanasan sampai yoga, kalau perlu tiduran di kolam juga tidak masalah. Asal kuat panas. 
Yoga 
Kesan pertama saat berenang di kolam ini, saya serasa menjadi seorang atlet renang yang dipersiapkan untuk sebuah lomba. Fasilitas lengkap, selain kolam standar lomba dengan marka di dalam air yang membuat kita akan berenang dengan lurus. Kolam yang diresmikan pada tanggal 20 April 2014 ini memiliki ruang ganti yang nyaman dan ada fasilitas mandi yang keren. Dapat mandi dengan shower, yang biasa mandi di sungai atau ala gayung akan suka merasakan sensasi air mirip main hujan-hujanan. 
Three Idiot
Ingat jika ingin renang di sini jangan mengambil momen di siang bolong, bisa bolong kulit anda. Terbukti saat pertama kali berenang di sini bersama Habib dan Gotir. Kita berenang di dari pukul 11:00 sampai 13:00, ketika matahari sedang galak-galaknya. Alhasil, badan gosong dan kulit mengelupas, mungkin karena reaksi matahari dengan air kaporit yang pekat. Tidak apa-apa karena dengan renang hati jadi senang

No comments:

Post a Comment