Advertisment

Wednesday, October 28, 2015

7 Alasan Ngeblog (Refleksi Hari Blogger Nasional 2015)

28 Februari 2010, lima tahun yang lalu adalah postingan pertama di blog ini. Artinya itu awal mula saya mulai membuat, menulis dan merawat di kolom virtual. Blog bagi saya seperti majalah dinding, kalau kita masih sekolah dulu pasti ingat dengan salah satu ekstrakulikuler yang memacu kreatifitas ini. Tidak hanya itu, bagi saya blog seperti kolom simulasi, kalau ingin menjadi seorang penulis atau kolumnis, maka perlu buatlah sebuah blog. Ada beragam alasan kenapa orang ngeblog. Dari sekedar eksis sampai mencari penghasilan tambahan. 
Aku Ngeblog maka Aku Ada 

Berikut 7 alasan kenapa saya ngeblog: 
1. Ngeblog membuat aktivitas berinternet kita tidak sia-sia
Tukang Download (suatu malam di FISIP Unair)

    Blogger adalah makhluk yang langka. Jika kita mendatangi suatu ruang publik yang menyediakan wifi gratis, coba tengok dan hitung berapa orang yang ada disitu sedang ngeblog. Dipastikan (berdasarkan pengamatan pribadi di berbagai ruang publik), aktivitas yang dominan adalah bersosial media, membaca berita, membaca postingan orang, main game dan mengunduh sesuatu yang bisa diunduh (yang terakhir ini disebut tukang download). 

2. Ngeblog melatih kita untuk selalu membaca
membaca itu berkontemplasi, kontemplasi itu membaca
Untuk menghasilkan tulisan yang baik, diperlukan modal yang baik pula salah satunya adalah konsumsi bacaan kita harus penuh 'gizi'. Ngeblog itu sarana menyalurkan wacana dan bertukar pikiran. 


3. Ngeblog kita akan selalu menulis dengan aktif 
Buku, Kopi dan Menulis
   
   Jika telah menjadi sebuah kebiasaan yang ajeg (habit), terbukti menulis di blog mampu menjadikan kita sebagai pribadi yang selalu aktif menulis. Kapanpun dan dimanapun. Salah satu teman alumni Sejarah murni (calon sejarawan masa depan) pernah berseloroh:"Kelemahan orang Indonesia adalah pada kemampuan dalam pengarsipan, dan arsip yang lemah karena pasif bahkan lemahnya budaya menulis". 

4. Ngeblog membuat kita lebih peka dan kreatif
Suatu Malam di Galeri Fisip Unair

    Berdasarkan pengalaman saya ketika awal menekuni menjadi seorang blogger, melatih kepekaan kita. Peka dalam melihat situasi, mengasah daya interpretasi dan imajinasi tentunya. Dengan memanfaatkan sinyal wifi yang kuat di kampus, setiap malam sepulang kerja saya selalu ikut adik-adik kelas yang sedang asyik berinternet. Mereka adalah orang-orang yang gigih berani (pantang hantu), kulit badak (kuat digigit nyamuk dari selokan yang gigitannya bisa membuat merem melek), dan kreatif. Salah satunya yang tidak pernah saya lupakan adalah kelakuan dari Jinggo (bukan nama sebenarnya-red) yang tidur dengan kostum pembalap. 
terbujur kaku dan ber-helm
Usut punya usut alasan dia tidur dengan menggunakan helm, bukan karena takut gempa, atau ada cegatan (razia polantas). Tapi katanya tidak kuat dengan suara nyamuk yang beterbangan di sekitar telinga. Jadilah bantal portable yang praktis dan memberikan efek tenang. 

5. Ngeblog membuat kita akan selalu eksis
Bisa jadi pertamax di mesin pencari itu sesuatu banget

Mengingat salah satu kebutuhan manusia adalah kebutuhan akan aktualisasi diri (kata Abraham Maslow), untuk itu kita perlu eksis. Eksis dapat diwujudkan dengan menulis. Rajin posting dengan tulisan yang orisinil, berkualitas dan inspiratif bagi orang lain. Percaya saja pada nilai sebuah ketekunan, rajin menulis membuat mesin pencari (search engine) yang baik hati akan memasukan blog kita dapat tampil di halaman pertama. 

6. Ngeblog itu menghasilkan 
Semoga bisa Payment Issue..Amin
Ini menjadi alasan beberapa orang untuk membuat blog bahkan rela mengeluarkan rupiah untuk membeli domain. Membuat website dengan tujuan mencari keuntungan. Ups..tunggu dulu, tidak semudah yang kita kira. Membangun sebuah blog itu harus pelan tapi pasti dan pasti harus berkualitas. Dengan membuat sesuatu yang beda tapi banyak dicari orang itu yang utama. Urusan keuntungan nanti datang belakangan. Bisa via pemasangan iklan di halaman blog kita, menjadi seorang reviewer suatu produk bahkan kalau kita sudah baik dalam penulisan dapat menjadi seorang web content writter (WCW). Semacam juru ketik yang menjual tulisan kita untuk blog/web orang lain. Jika ingin seperti itu dianjurkan perbanyak berlatih menulis dan perbaiki kemampuan menulis berbahasa asing kita. 

7. Ngeblog itu mencerahkan 
Selalu berbagi dan siap membantu (suatu hari pasca opname di Jogja)
Blog yang baik adalah berisikan tulisan yang informatif. Membuat orang yang membaca betah membaca apa yang telah kita posting. Blog yang baik itu inspiratif, membuat orang yang membaca sampai tergerak hatinya dari sekadar mbrebes mili sampai bisa move on

Jadi menjadi seorang blogger yang baik dituntut untuk selalu produktif menulis. Banyak membantu orang lain melalui tulisan kita yang informatif. Mampu menjadi seberkas sinar untuk siapapun yang butuh pencerahan melalui tulisan yang inspiratif. Mampu menggembirakan orang lain. Itulah esensi dari menulis blog, menulis untuk berbagi. Selamat Hari Blogger Nasional 2015. Jaya selalu di dunia maya dan berkah di dunia nyata. 

2 comments:

  1. Hi hi. Hiehihe Masih ingat saya. Teman Kessusanto Liusvia di Pontianak Post. Semua yang ditulis di sini yahuud. Saya suka banged. Especially pada bagian "ngeblog itu menghasilkan". Bener bangedsssssssssssssssss

    ReplyDelete
  2. Masih ingat Kang Asep...sekarang saya pindah ke jatim lagi tepatnya surabaya,,kalau kelak bisa main ke Pontianak saya pasti mampir heeheh..kalau lagi main ke Surabaya atau Malang bisa mengabari saya :)

    ReplyDelete