Advertisment

Thursday, October 22, 2015

22 Aktivitas Positif Cuti Memancing

Mei 2015 bulan yang paling berkesan bagi saya. Ada kabar pagi dari timur kalau istri tercinta positif, strip dua. Kalau dalam tayangan sinetron biasanya suami panik sementara ceweknya menangis terseduh-seduh. Berpindah dari kamar tidur menuju kamar mandi, dibawah guyuran shower. Tapi itu khusus untuk hubungan terlarang, sementara kami sudah masuk jalinan yang halal. Istri hamil tentu menjadi kabar yang menggembirakan terutama bagi sosok yang bernama suami. Tapi kalau suaminya seorang pemancing, ada satu pamali yang berlaku ketika istri mengandung, suami tidak diperkenankan menyakiti hewan. Termasuk memancing. 
Polda Bunting Pantang Mancing

Sebagai suami yang baik dan menghormati kekurangyakinan istri pada mancing kala hamil. Maka saya menyatakan cuti memancing sampai HPL yang telah ditentukan. Tentu tidak mudah untuk melaksanakannya. Lihat kali bawaanya ingin pasang joran, lihat muara pinginnya meracik umpan, lihat acara mancing di televisi hanya bisa menelan ludah. Oleh karena itulah perlu adanya aksi pengalihan isu, ada beberapa aktivitas yang saya lakukan saat cuti hamil, diantaranya: 
1. Mancing di komputer 
Rapala Pro Fishing 
Memancing tidak hanya dilakukan di dunia nyata, dunia maya juga ada. Salah satunya melalui game mancing. Game yang saya rekomendasikan dimainkan di laptop atau komputer adalah Rapala Pro Fishing. Ini khusus untuk yang suka memancing dengan cara casting. Jika main game ini pada tournament, anda diberi beberapa misi dan jika berhasil berhak mendapat uang, umpan baru dan dapat bernarsis ria dengan ikan tangkapan. 
Ikane digoreng di wajan virtual 



2. Nungguin Orang Mancing 
Suatu Minggu Siang di Waduk Sermo Kulon Progo
Ini aktivitas yang membutuhkan mentalitas, keteguhan hati dan komitmen. Berinteraksi dengan apa yang dilarang, mendekati toko pancing dan lebih mengenaskan lagi mendekati orang mancing. Kita cuma bisa menelan ludah dan ada sensasi kemupengan yang dashyat. 

3. Ikut Karnaval Pemancing 

Memancing juga dapat dilakukan di jalanan. Karnaval Mancing. Pasang joran di keramaian, mengail kesadaran para warga untuk selalu menjaga kebersihan sungai. Biar kelak anak cucu dan generasi penerus dapat merasakan sensasi memancing di sungai yang bersih. 

4. Mancing Ikan Kaleng 
Joran Melengkung
Bukan memancing ikan robot, atau ikan alien yang berlapis baja. Tapi ikan yang kita pancing ini ikan kaleng. Umpannya pakai uang. Ini cocok untuk yang tidak lepas hidupnya dari lauk ikan. Tapi ingat, karena kalengan perlu diimbangi dengan konsumsi sayur dan buah yang memadai. 

5. Survey Spot Mancing 
Calon Pemancing Tetra-Glagah
Libur mancing juga dapat digunakan untuk memantau, mencari tempat memancing (spot). Bisa lebih leluasa berkeliling tepi sungai sampai ujung muara. Siapa tahu mendapatkan spot rahasia yang penuh ikan. Tempat nongkrong ikan. 


6. Kulakan Pisang (Gedhang)
Banana Kong

Kalau cuti mancing membuat hati gundah gulana kronis. Tidak ada salahnya anda mengkonsumsi pisang. Buah ini mengandung semacam zat yang bisa menenangkan jiwa. Bisa beli banyak, kalau perlu kulakan sampai ke Lumajang, siapa tahu bisa jadi juragan pisang dan nanti menyisihkan laba untuk membuka toko pancing. 

7. Menggembalakan Kambing (angon  wedhus
Angon Mbik 


Cara untuk mengurangi keinginan memancing adalah dengan berinteraksi dengan makhluk ciptaan-Nya. Salah satunya memulai hobi baru dengan beternak kambing. Siapa tahu nanti anda dapat menjadi seorang juragan kambing yang tidak hanya jualan menjelang hari raya kurban. Tapi juragan sepanjang masa, sampai dapat menciptakan lagu Wedhus II. Mending tuku tengkleng timbang tuku wedhuse

8. Ngartun
Ngartun

Ini khusus bagi yang suka nggambar. Pengalihan keinginan untuk mancing dapat dilakukan dengan menggambar apa saja. Salah satunya ngartun. Kalau tidak bisa menggambar kartun ya cukup dengan menonton film kartun. 

9. Bakar Ikan 
Duo Boncos wakil Srikayangan dan Kebontengah


Kerinduan pada amisnya ikan, dapat dilampiaskan dengan pergi ke pasar. Beli ikan dan bakar ramai-ramai. Walau sedikit berbau hangus, tapi asupan protein jadi terjamin. 

10. Pesta Durian 
Durian Asli Kulon Progo

Dapat dilakukan di bulan-bulan tertentu, pada musim panen durian tentunya. Baunya dapat melupakan sejenak keinginan pergi kat ke kali. Harga buahnya dapat mengganti-bahkan nomboki biaya reguler untuk biasanya beli cacing dan piranti mancing lainnya. 

11. Ngopi 
Sembarang tergantung kopine

Inilah aktivitas sejuta umat, khususnya umat laki-laki. Laki belum laki kalau nggak ngopi. Minum kopi bersama dapat merapatkan tapi persaudaraan. Direkomendasikan carilah teman ngopi yang telah beristri, atau suami yang telah memiliki anak. Setidaknya kita dapat bertukar pikiran tentang bagaimana menjadi suami yang baik. Kalau ngopi dengan laki-laki bujang apalagi yang suka mancing, bisa-bisa anda khilaf dan diajak mancing ke sungai. 

12. Servis Motor 
Ada yang bawa joran Orvis di tukang servis (perhatikan arah jam 11) 

Tidak ada salahnya kita mengalihkan perhatian dengan menuju bengkel untuk kontrol performance mesin motor. Minimal ganti oli atau servis ringan. Kalau motor lancar, kerja juga lancar. 

13. Touring 
Menuju Puncak Suroloyo

Motor sudah beres dan masih ada keinginan untuk mancing. Tidak ada salahnya anda keluyuran sejenak. Tapi tidak menuju sungai atau muara. Arahkan motor pada daerah perbukitan, lupakan sejenak hasrat akan amis ikan. 

14. Nggandhol Sepur 
KA Sancaka Sonten
Aktivitas ini agak ekstrim. Bentuk pelarian jiwa yang tidak biasa. Anda bisa menuju stasiun beli tiket dan naik kereta sesuai selera. Setelah sampai tujuan, balik lagi ke tempat asal dengan kereta yang berbeda. Istilahnya wisata stasiun. 


15. Latihan Bela Diri dan Memberantas Kejahatan 
Duel Maut 

Ada wacana bela negara, dapat kita sikapi dengan menyiapkan diri pada segala gangguan hambatan yang mungkin bisa terjadi. Salah satunya adalah berlatih ilmu bela diri. Siapa tahu besok bumi kedatangan alien. Siapa yang akan membela bumi kalau ultraman masih di Jepang dan Superman masih ngurus harga minyak di planet Kripton. 

16. Pijat Memijat 
Memijat Megatron

Terbukti pijatan refleksi dapat memberikan kesegaran pada jiwa dan raga. Hati yang gundah karena tidak bisa mancing pelan-pelan dapat sirna karena aliran darah menjadi lancar selancar aliran sungai Bogowonto. 

17. Menulis Blog (Ngeblog)
I'm Blogger

Ini pelarian saya sendiri yang paling efektif. Meluangkan waktu dengan menulis. Menulis di majalah virtual, catatan virtual yang dapat diakses dimanapun. Menulis blog sebagai aktivitas positif yang membuat kepala lebih ringan karena segala ide di kepala dapat dikeluarkan dalam bentuk ketikan dan postingan. 

18.Gowes
Bike to Teach

Bersepeda itu aktivitas yang jelas menyehatkan. Apalagi semakin jarak jauhnya semakin sehat badannya. Misal naik sepeda pancal dari Kulonprogo menuju Waduk Wadaslintang. Dijamin sampai di sana hasrat untuk memancing akan hilang karena badan terlalu letih. 

19. Naik Gunung 
Life Park Lake

Ini aktivitas yang membutuhkan keberanian, kekuatan dan tentu saja ijin khusus dari bumil. Naik gunung dapat membuat kita semakin mensyukuri nikmat Tuhan dan mencintai alam. 

20. Sing a Song 


Suara jelek bukan masalah, yang penting keluar ekspresinya. Menyanyi tidak harus di tempat karaoke, ada gratisan misal di kamar mandi. Lebih asyik jika dilakukan beramai-ramai. Seperti halnya yang pernah saya lakukan dengan teman-teman kantor yang gokil. 

21. Menjadi Agen Pelindung Kali 

Agen Rahasia Kali
Sungai menjadi arena beragam kepentingan. Salah satunya adalah keberadaan oknum perusak sungai, musuh para pemancing. Namanya tukang strum (PLN Gadungan) dan tukang potas kali (dokter-dokteran). Atas nama ekonomi atau ingin mendapat duit secepat mungkin menggunakan cara-cara yang tak ramah lingkungan. Harus cepat dicegah juga. Salah satunya menjadi satgas anti perusak kali.

22. Mengunjungi Toko Buku 
Jangan lupa Beli bukuku di Gramedia terdekat
Ini aktivitas terakhir yang saya lakukan sebagai bentuk pengalihan isu, pengalihan keinginan untuk mancing di kali. Membaca sebagai sarana untuk membentuk diri menjadi pribadi yang cerdas, mempunyai wacana yang luas. Istilahnya buku adalah jendela dunia. Mengunjungi toko buku dapat dilakukan sendiri atau bersama-sama. Baca dan diskusi dapat membantu kita menjadi pribadi yang kritis dan kreatif. Diskusi yang mencerdaskan antar sesama melalui proses kreatif, itulah pembentuk budaya kreatif

Semoga kelak anakku dapat menjadi insan yang cinta alam dan lingkungan. Pemancing yang handal dan tidak boncos-an seperti saya. 
Angler Baby



2 comments:

  1. hahaha mirip saya dulu, yg beda cuman blogging dan karnaval

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Imam, harus selalu siap antar jaga...perlu pengalihan 'isu' agar tidak terlalu sakaw ketika melihat sungai dengan ikan yang menggemaskan di dalamnya. Salam Kenal.

      Delete