Advertisment

Friday, June 29, 2012

Football Cartoon (Sebuah Catatan First Weely Cartoon Contest-Bagian1)

Etnokartunologi (kamarkos-sby). Kartunis adalah pekerjaan yang menjanjikan dan membuat kita bakal dikenal orang. Apalagi jika melalui cara penyampaian karya secara global. Berikut adalah catatan saya sekaligus laporan perkembangan kontes rutin dalam bentuk kartun dan karikatur tematik yang dimuat dan diseleksi secara mingguan. Kontes ini diselenggarakan oleh Irancartoon.com, sebagai salah satu web yang bisa menampung dan mengenalkan kartunis dan karyanya dari berbagai penjuru dunia. The Weekly Cartoon and Carricature Contest adalah nama dari lomba ini dan yang menjadi pemenang pada kontes minggu ketiga dengan tema football adalah kartunis dari Ukraina yang bernama Yuri Kosobukin 
Yuri Kosobukin - Ukraina 
Kartun karya Yuri ini bisa menyisihkan 177 karya yang telah diseleksi oleh panitia (termasuk karya kartunku). Bertema tentang no punggung yang menjadi favorit para striker dunia yaitu no 9. Sebuah angka 'keramat' dalam jagad dunia sepakbola terutama striker. Lomba kali ini melibatkan partisipan dari berbagai macam negara dengan rincian: Afghanistan, Albania, Argentina, Austria, Australia, Bahrain, Belgia,  Bosnia and Herzegovina, Brazil, Bulgaria, China,Colombia,  Croatia, Cuba, Egypt, France, India,  Indonesia,  Iran,  Iraq, Italy, Kosova, Montenegro,Myanmar, Norway, Palestine, Peru,  Poland, Portugal,  Romania,  Russia,  Serbia,  Slovakia, Spain, Syria,Turki, Ukraina, Uruguay, Uzbekistan dan Vietnam.  
Negara yang paling banyak mengirim kartunnya adalah tuan rumah alias Iran, memang berdasarkan pengamatan saya 4 tahun terakhir, Iran sedang menggalakkan program kartunisasi di kalangan rakyatnya dalam bentuk pengembangan kartun dan apresiasi atas dukungan penuh dari pemerintahnya juga. Mungkin di sana sudah ada kementrian kartun hehehehe. 
Indonesia adalah negeri yang kaya dengan potensi kartunis yang produktif. Terbukti dalam lomba ini berbondong-bondong kartunis Indonesia mengirim karyanya dan menjadi partisipan untuk menyemarakan football dalam wadah kartun. Adapun kartunis Indonesia yang tercatat sebagai partisipan(diurut berdasarkan abjad serasa kembali ke jaman sekolah dulu) dalam Weekly cartoon contest section football kali ini adalah: Abdulhakim Azis, Abdul Syukur, Achmad Cholid , Agung SW, Agus Eko Santoso, Agus Widodo,  Armen Hamonangan, Cholid Munir , Darsono, Dedy Ronggo, Djoko Susilo,Dedy Ronggo, Doddy Iswahyudi , Fajar Nursyamsujati, Haryadhi Soelistyanto , Ikhsan Dwiono,  Kessusanto Liusvia,  Partono, Roikan (Ehm kayaknya kenal hehehehe), Sadatuddin Ahmed Amil, Taufan Hidayatullah, Vani Hidayatur Rahman dan Yunus Erlangga. Inilah kartun-kartun yang telah terpilih dari berbagai nama di atas: 
Bola dan Antusiasme karya Vani Hidayatur Rahman

Drama Penyanderaan karya Doddy Iswahyudi 

Monyet dalam Lapangan karya Abdul Syukur 

Pagar Betis karya Achmad Cholid 

Frame karya Agung SW

Bola Liar karya Armen Hamonangan 

Planet Bola karya Cholid Munir

Bola dan Bom Nuklir karya Darsono 

Huruf Vokal yang Hilang karya Fajar Nursyamsujati

Bola dan Persatuan karya Kessusanto Liusvia


P3K karya Partono 

Televisi dan Bola karya Roikan 
Apresiasi yang setinggi-tingginya saya berikan kepada teman-teman kartunis yang turut berpartisipasi dalam kontes ini. Jaya selalu kartun Indonesia. Salam Ngartun, (Bersambung.......)
Sumber gambar: irancartoon.com