Advertisment

Monday, December 5, 2011

6 Karakter Ngartun dalam Film Animasi

        Teknologi yang semakin berkembang dalam film animasi semakin terasa dengan semakin realistis karakter dan setting tempat yang ada. Jika pada era awal film kartun dibuat dengan dengan teknik ngartun yang sederhana. Penggunaan animator manual yang bergelut dengan tinta dan kertas membuat film animasi dibuat dalam waktu yang relatif lama dan proses yang berkepanjangan. Munculnya teknologi animasi dengan menggunakan komputer dengan grafis yang semakin hari semakin canggih. Misalnya film animasi Mulan merupakan film perpaduan antara kartun 2 dimensi yang diperbaiki dengan teknis 3 dimensi. 
Perkembangan selanjutnya penggunaan teknologi 3 dimensi mulai mewarnai era film kartun animasi. Keragaman teknis dan ide cerita membuat apresiasi penggemar film terhadap film animasi semakin tinggi. 
Berikut adalah karakter Ngartun dalam film animasi yang menjadi tokoh sampingan, namun mampu membuat menarik film tersebut:
1.Elliot, Si Rusa Lucu dan Atraktif  (Open Season) 

Elliot dalam Open Season 
    Tokoh keren dalam Film Open Season yang menyebabkan kekacauan terjadi pada tokoh utama. Elliot adalah rusa kecil dengan tanduk tinggal satu yang tertangkap pemburu dan ditaruh di kap mobil pemburu. Setelah dibebaskan ia mulai membuat kejahilan dengan mencuri makanan di toko swalayan.
Segmen yang paling saya sukai dalam film ini saat makan sejenis biskuit yang diberi nama Wohoo !. Sejak saat itu setiap makan coklat Togo yang berbentuk biskuit saya selalu menyebutnya Coklat Wohoo !. Saya punya teman yang mempunyai karakter serupa dengan elliot yaitu Ari S yang biasa saya panggil Katamso, teman SMA yang masih mempunyai hubungan keluarga.

2. Kambing Gunung Bertanduk Portable (Hoodwinked)
Kambing Gunung dalam Hoodwinked
    Film Hoodwinked adalah animasi plesetan dari cerita rakyat Eropa tentang gadis berkerudung merah yang rajin mengunjungi neneknya yang tinggal di hutan. Kunjungan gadis ini mendapat tantangan dari sang predator yaitu Serigala yang meyamar menjadi nenek dan tidur di kamar sang nenek. Dalam film ini setting cerita yang telah pakem di rombak habis-habisan sehingga orang jika melihat akan melihat perpaduan film action, detektif dan komedi.
Tokoh yang paling ngartun dalam film ini adalah kambing gunung yang menolong Red untuk mencari jalan menuju ke neneknya. Kambing ini mempunyai tanduk yang bisa dilepas dan beragam jenis mulai dari tanduk standar, mohawk, tanduk sekaligus tempat kunci, tanduk pembuka botol sampai tanduk helicopter.

3. Pinguin Spanyol (Happy Feet) 
 Pinguin Boys Band dalam Happy Feet 
Pada segmen konflik di film Happy Feet saat sedang dalam kesendirian, tokoh utama bertemu dengan lima pinguin berlogat spanyol yang merubah segala kesedihan menjadi kegembiraan. Mereka adalah The Five Amigos yang terdiri dari Rinaldo, Raul, Lombardo, Ramon dan Nestor. Pemimpin gerombolan kocak ini adalah Lombardo.Rata-rata anggota lima sekawan ini pandai bernyanyi dan bernyanyi.

4. Tante Kodok (Gnomeo and Juliet) 
Tante Kodok dalam Gnomeo and Juliet 
Roman klasik Romeo dan Juliet dengan cinta terlarangnya dijadikan dalam film animasi berjudul Gnomeo and Juliet. Perseteruan di antara keluarga yang lama bermusuhan antara keluarga Biru dengan Keluarga Merah diperparah dengan jatuh cintanya anak-anak dari masing-masing keluarga. Cinta terlarang pun terjadi, namun keberadaan Tante kodok hijau membuat suasana permusuhan dibalut dengan komedi yang bijaksana. Tokoh ini adalah yang menguatkan hati Juliet sekaligus pendukung Juliet untuk terus mempertahankan cintanya.

5. Keledai Murah Senyum (Shrek)
Penggemar film animasi Shrek pasti kenal dengan si Donkey alias keledai yang kocak ini. Setiap tingkah lakunya kerap mengundang tawa karena sifat ekspesif dan konyol. Meskipun begitu, tokoh ini merupakan teman yang baik dan lebih mementingkan kawan daripada diri sendiri.

6. Naga Kecil (Mulan) 
Film Mulan adalah salah satu film terakhir yang menggunakan teknologi 2 dimensi. Film ini terinsipasi dari legenda rakyat Cina yang mengangkat tema emansipasi wanita. Gadis cantik yang menjadi pejuang perkasa dalam melawan musuh negara. Kekuatan dan segi menarik dari film ini terletak dari tokoh pendamping Mulan yaitu Si Naga Kecil Merah yang setia menemani Mulan disamping Si Serangga Biru.

Sumber Gambar: Mbah Google Images Search

No comments:

Post a Comment