Advertisment

Wednesday, September 21, 2011

The Exhibition of Cartoon about Drought in Somalia (Indonesian Cartoonist Contributor)

Virtual Exhibition
The meaning of virtual exhibition is featuring art activities or crafts to the general public conducted in the cyber world without being bound by space and time.

Indonesia termasuk salah satu negara yang mempunyai kartunis-kartunis yang mulai menggeliat dalam kancah Internasional. Kalau soal juara kontes kartun Internasional Pak Jitet langganannya, kalau soal akademisi kartun Pak GM Sudarta jagonya. Beberapa waktu yang lalu terjadi bencana kelaparan di Somalia, salah satu negara di benua Afrika yang terkenal dengan perompak kapal. Secara teori kejiwaan, orang jika tertekan akan lebih kreatif, demikian juga dengan orang yang lapar, kebutuhan perut dapat membuat seseorang melakukan apapun cara agar dapat makan, mulai dari cara yang baik sampai cara yang buruk. 
sebagai aksi solidaritas dari bencana kelaparan di Somalia, komunitas kartunis di Iran membuat pameran Internasional di dunia maya untuk menguatkan visi mengatasi berbagai masalah global yang terjadi selain perang, teroris, penistaan agama sampai kelaparan di Somalia. 
Pameran ini terbuka untuk umum, baik yang melihat maupun yang menggambar. Tidak terikat oleh ruang dan waktu tertentu karena diadakan di dunia maya. Berdasarkan pengamatan penulis untuk sementara (sampai tanggal 22 September 2011) kontributor yang ikut dalam pameran ini berasal dari negara-negara, diantaranya: Iran, Peru, Belanda, Sudan, Kosovo, Turki, Romania, Albania, Kuba, Palestina, Rusia, Kroasia, Bosnia, Cina, Slovakia, albania, Brasil dan Indonesia. Sedikitnya ada 7 kontributor dari Indonesia yang menyumbangkan kepekaan sosialnya dalam aksi solidaritas ini. Rata-rata tema yang diangkat menyorot kelaparan dari sudut pandang etik, militer, kesenjangan sosial, peran dunia internasional sampai pada mengangkat semangat lokalitas bangsa Afrika sendiri. Berikut adalah kontributor dari Indonesia beserta cuplikan karyanya.

1. Agus Widodo






2. Anang Jatmiko



3. Didie DW



4. Kessutanto Liusvia




5. Ronggo Dedy

6. Roron Istiawan


7. Utoyo

Berminat untuk berkontribusi dalam pameran ini? silahkan kirim karya anda ke: info@irancartoon.com 
Maju terus Kartunis Indonesia. Salam Ngartun

No comments:

Post a Comment