Advertisment

Saturday, June 4, 2011

Shaun The Sheep (Behind The Scene)



Shaun the Sheep merupakan animasi buatan negeri Inggris dan mulai ditayangkan pada Maret 2007 oleh CBBC di Inggris. Shaun the Sheep ini menceritakan domba-domba cerdas yang bertingkah laku layaknya manusia, sering berprilaku konyol, lucu dan kreatif. Shaun the Sheep mengkombinasikan slapstik dan classic silent comedy, tidak ada percakapan yang berarti antar karakter.Shaun the Sheep layak untuk ditonton sebagai hiburan keluarga. 
Sekilas kartun ini seperti dalam animasi Wallace and Gromit, teknik yang dipakai lebih menggunakan teknik tanah liat. Saya menamakan ANILEMPUNG alias teknik membuat animasi dengan bahan-bahan yang mempunyai tekstur dan stuktur seperti tanah liat, orang Jawa menyebutnya sebagai lempung.

Anilempung membutuhkan ketelitian yang lebih dibandingkan dengan teknik menggunakan software animasi konvensional. Keunggulan dari teknik ini adalah detail karakter lebih mendetail, punya keunikan bentuk dan penataan cahaya yang lebih alami.

Shaun the sheep mempunyai teknik yang lebih baik dan maju jika dibandingkan dengan Wallace and Gromit. Animator menciptakan domba dengan terlebih dahulu molding tubuh mereka ke dalam bentuk, kemudian membungkus tubuh mereka dalam bulu domba putih. sebuah kaki kecil dan silikon ditambahkan. Animator memiliki sejumlah badan, beberapa di semua empat kaki dan beberapa cuma dua, semua disesuaikan dengan berbagai setting gerak yang relevan. Animator membuat domba berkedip, tersenyum, mengunyah atau apa pun, dengan menggunakan pemilihan mulut domba.
Proses demi proses dilalui dalam pembuatan anilempung ini. Tahap pertama adalah pembuatan gambar sederhana atau storytime yang dilakukan oleh kru yang mempunyai keahlian ngartun. Kertas hitam putih digambar dengan menekankan pada adegan yang menjadi sentral dalam cerita. prosesnya seperti membuat kartun strip. Setelah selesai, diserahkan pada stroryboard artist untuk membuat story line, tahap ini juga membantu setting baju, properti, model gerak karakter, riggers dan kamerawan yang semuanya bekerja sama untuk proses pengambilan gambar dan apapun yang diperlukan. Kalau tidak ada kekompakan, dedikasi dan semangat serta kesabaran yang tinggi dari para kru, Shaun The Sheep tidak bakal bisa tayang dengan sangat menggemaskan dan terkesan hidup. 

Jika ingin tahu gambaran secara luas Shaun The Sheep, ini videonya: 

Sumber Video: You Tube 

10 comments:

  1. punya filmnya ga bro? kliatannya ni film bagus untuk ditonton...

    ReplyDelete
  2. Klo di TV ada di B channel jam 6 sore, MNC TV jam 6.30.

    ReplyDelete
  3. @ndix: filmnya bagus bro ..recomended
    @anonim: makasih buat infonya..saya jarang nonton tivi kecuali berita hehehe

    ReplyDelete
  4. lucu banget tuh filmnya,,.. gak bakal bosan nontonnya walau berulang kali

    ReplyDelete
  5. IYA NIH..... PONAKAN SAMA ADE GUA SUKA BANGET NI FILM.....

    ReplyDelete
  6. IYA,,, SATU LAGI,,,,, BUKAN CUMA PONAKAN & ADE GUA AJA YG SUKA,,,,, GUA JUGA SUKA NI FILM,,,,,, HEHEHE,,,,,,,

    ReplyDelete
  7. @duo anonim: memang animasi ini menyenangkan dan layak ditonton oleh siapa saja.
    @Sukmo Nasa : gerombolan domba yang menggelitik jadi recomended untuk ditonton

    ReplyDelete
  8. salut,lebih kreatif lagi ya, animasi indonesia kapan bisa bikin yang kaya'gini, tak dukung dari laskar printer.

    ReplyDelete
  9. lucu banget... gw suka..

    ReplyDelete