Advertisment

Sunday, June 19, 2011

Cerita tentang Era Komik Superhero: Secret Origin The Story of DC Comics (2010)


Secret Origin The Story of DC Comics (2010)
Info: http://www.imdb.com/title/tt1599373/
Release Date: 9 November 2010
Genre: Documentary | History
Cast: Ryan Reynolds, Zack Snyder and David Cronenberg

Film berbasis dokumenter ini wajib di tonton buat para pecinta komik. Komik dunia diawali dari DC comic dari Amerika Serikat. Lahir figur-figur yang mengenakan kacamata, bermuka polos namun ketika ada kejahatan mereka berubah menjadi manusia yang kuat berjubah dan dikenal dengan superhero. Superhero yang pertama lahir adalah Superman, Batman dan Robin, Wonderwoman dan Flash. Superman adalah tokoh andalan bagi DC comic. Komik di Amerika mengalami perkembangan yang pesat di Amerika sampai ke penjuru dunia. Hal ini dipengaruhi oleh tingginya apresiasi masyarakat yang pada saat itu melahirkan demam Superman, atribut dan berbagai macam cenderamata berbentuk Superman ngetrend pada saat itu. Buku Komik adalah bacaan yang wajib dibawa bukan saja oleh kaum laki-laki, namun perempuan pun banyak yang menikmati adegan otot-otot kuat menyerang pada penjahat.
Komik dimanfaatkan oleh negara sebagai media propaganda. Saat berlangsung Perang Dunia II dengan peristiwa Pearl Harbor 1941, Amerika Saat itu kelabakan dan kebakaran jenggot. Otoritas militer mengintruksikan kepada para komikus untuk membuat komik yang berbau perang. Muncul komik dengan tokoh Superman, Batman dan Robin yang beraksi bersama untuk melawan trio fasis yaitu Hitler, Mussolini dan Hirohito. Dalam salah satu adegan terdapat Superman yang mengangkat tubuh Hitler dan membawa terbang entah kemana. Selanjutnya berlangsung perang vietnam, tugas Flash yang menjadi superhero yang mendamaikan dengan slogan "Peace at Vietnam". Terbukti komik dan kartun dapat menjadi media propaganda yang mengena dan efektif.
Keberadaan komik superhero mengalami masa kembang kempis karena tidak selamanya sosok superhero mendapat tempat spesial di hati publik. Sebagian akademisi mengkritisi komik superhero yang ianggap melegalkan kekerasan. Berawal dari itulah muncul semacam badan sensor untuk penerbitan komik (Authority Code).Era selanjutnya saat di Amerika beredar ideologi dan gaya hidup Hipies menyebabkan komik juga terkena imbasnya, terutama mengenai peredaran narkoba. Saat itu terdapat komik yang mempunyai sampul dua superhero yang panik ketika melihat seseorang menghisap heroin. Kemudian setelah ada korban yang meninggal karena narkoba, muncul persepsi bahwa narkoba lebih menghancurkan daripada bom atom.
Perkembangan Komik berikutnya mengalami masa modernisasi dari selembar kertas memasuki masa animasi sampai film adaptasi yang menggunakan tokoh manusia. Terbukti animo masyarakat Amerika dan dunia menjadi semakin besar terhadap superhero dan petualangannya. Tokoh komik berkembang bukan hanya sebatas aktor jagoan namun menjadi ikon keperkasaan seperti model pakaian hingga pembungkus suplemen makanan anak-anak yang bergambar Superman. Komik dan superhero adalah satu kesatuan yang tak terpisahkan dalam film ini. Superhero dibesarkan oleh komik dan komik membesarkan citra superhero tersebut. Seiring dengan perkembangan trend dan umur, Superman menjadi figur yang menua dan lemah sehingga muncul jagoan-jagoan lain yang tidak kalah hebat dan unik kekuatannya.

No comments:

Post a Comment