Advertisment

Thursday, March 17, 2011

Resensi Buku: KARTUN, Studi tentang Permainan Bahasa (I Dewa Putu Wijana)

Kartun adalah manifestasi dari humor yang memadukan gambar dengan kata-kata. Kata-kata dalam kartun adalah permainan dan seni yang memberikan nilai lebih sebuah kartun agar pesan yang disampaikan menjadi lebih kena. Buku Kartun, Studi tentang Permainan Bahasa ditulis oleh I Dewa Putu Wijana berdasar pada penelitian tentang bahasa yang dipakai dalam kartun yang sering dipublikasikan di tanah air baik sebagai kartun humor atau kartun editorial. Buku ini dicetak pada tahun 2003 dengan penerbit Ombak Jogjakarta. Buku ini lebih ke dalam disertasi yang dibukukan. Selain untuk memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, buku ini memberikan kajian yang mendalam dalam penggunaan bahasa yang dipakai dalam kartun.
Kajian ilmu linguistik sangat kental saat kita membaca buku ini. Ilmu yang mempelajati tentang bahasa sebagaimana berasal dari kata lingua yang berarti lidah. Bahasa bukan hanya apa yang keluar dari ucapan mulut kita. Namun bahasa juga mempunyai tipe bahasa simbolik dari gesture dan bahasa tulis. Bahasa simbol dan tulis adalah salah satu elemen utama dalam kartun. Kartunis umumnya menempatkan dialog ke dalam balon kata. Kartun ada yang bersifat lugas ada yang tersirat dalam penyampaian pesan.
Buku ini terdiri dari 6 bab. Bab 1 membahas tentang Klasifikasi Kartun dan pentingnya penelitian kartun secara linguistik. Bab 2 menjelaskan Linguistik secara umum, berdasar latar belakang sejarah dan perkembangannya. Bab 3 mengkaji bagaimana para kartunis melakukan pelanggaran terhadap retorika tekstual dan retorika interpersonal yang terjabar ke dalam berbagai maksim dan submaksim dalam proses kreatif. Bab 4 menguraikan aspek bahasa yang sering dimanfaatkan mulai dari fonologi, ortografi sampai pada tataran pragmatik. Bab 5 menjelaskan tentang berbagai tipe wacana yang dimanfaatkan kartunis dalam berinteraksi dengan pembaca yang menekankan pada aspek humor. Bab 6 merupakan bab kesimpulan yang berisi generalisasi terhadap kartun Indonesia dalam hal wacana bahasa yang diambil mempunyai ciri-ciri yang universal dan terdapat ciri khas yang berkaitan dengan nilai budaya lokal. Johnny Hidayat menutup buku ini dengan sajian kartun-kartunnya yang memang lebih menekankan pada dialog. Buku ini merupakan buku langka yang wajib dipelajari oleh siapapun yang tertarik mempelajari dan mendalami ilmu linguistik. Kartunis, Komikus juga penting membaca buku ini agar dalam membuat karya mempunyai humor yang berbobot, kontekstual dan unik.

No comments:

Post a Comment