Advertisment

Thursday, March 17, 2011

Coming Soon..Besut Boy Comic


Terinspirasi dari tontonan masa kecil di kampung halaman setiap seminggu sekali di TVRI sering ditayangkan kesenian rakyat mulai dari ludruk sampai kelompen capir. Ludruk adalah salah satu kesenian Jawa Timur yang pada saat ini mulai kurang diminati bahkan cenderung ditinggalkan oleh masyarakat sekarang terutama para kawula muda. Besut adalah cikal bakal dari ludruk itu sendiri yang dimotori oleh para pelaku seni panggung di Jawa Timur.
Dalam seni pertunjukan teater rakyat Besut lazimnya dimainkan oleh empat orang yang memerankan sosok Besut, Man Jamino, Rusmini dan Sumo Gambar. Dari panggung seni pertunjukan teater rakyat Besut atau Besutan, itu pula cerita lakon apa pun bisa dimainkan tanpa harus terbelenggu dengan cerita-cerita rakyat, kepahlawanan dan legenda yang masih kuat dalam panggung kesenian ludruk (Kompas.com Jumat, 18 Maret 2011. Anak muda sudah Tak Kenal Besut).
Komik ini saya rancang dengan menampilkan Besut dulu dengan dibawa ke konteks kekinian dan umur yang masih muda. Masa muda merupakan masa produktif, dalam hal berkarya dan menggapai cita-cita. Oleh karena itu saya beri nama BESUT BOY.

No comments:

Post a Comment