Advertisment

Sunday, December 26, 2010

Yuk Ngartun

Untuk menghasilkan sebuah kartun yang bagus dan diminati banyak orang, memerlukan berbagai tahap pengolahan. ibaratkan kita membuat pisang goreng. kartun juga memerlukan bahan baku,sarana pengolahan, iklim yang kondusif, produksi, penyajian dan pemasaran serta pasca produksi.
1) Bahan baku utama ngartun adalah ide, sifatnya gratis dan ada di mana-mana. tinggal bagaimana daya serap orang terhadap ide tersebut.
2) sarana pengolahan terdiri dari alat tulis menulis dan gambar menggambar. perkembangan teknologi mempermudah proses. ada wakom, scanner dan program grafis pilihan.
3) iklim yang kondusif meliputi emosi, sikon dan cuaca.
4) produksi. proses eksekusi ide untuk menjadi sebuah gambar yang menggemaskan
5) penyajian tidak dimasukkan ke dalam loyang namun membuat sesuatu yang orang dapat dengan nikmat dan nyaman menikmati. ikut pameran, diterbitkan di blog pribadi.
6) pemasaran, supaya terkenal dan disayang memerlukan strategi pemasaran yaitu di kirim ke media massa atau diterbitkan dalam buku
7) pasca produksi, meliputi upaya pengawetan hasil olahan agar sewaktu-waktu dapat di nikmati, di scan dibakar di disc atau diarsipkan dengan rapi.
selamat ngartun, tetap tekun agar semakin lucu.

No comments:

Post a Comment